RSS

Perubahan Paradigma Pengelolaan Kelas

04 Oct

Manajemen kelas yang efektif akan memaksimalkan kesempatan pembelajaran siswa (Charles, 2002; Everstson, Emmer & Wprsham, 2003 dalam Santrock, 2008:553). Pakar dalam bidang manajemen kelas melaporkan bahwa ada perubahan dalam pemikiran tentang cara terbaik untuk mengelola kelas. Pandangan lama menekankan pada penciptaan dan pengaplikasian aturan untuk mengontrol tindak tunduk siswa. Sedangkan pandangan baru memfokuskan pada kebutuhan siswa untuk mengembangkan hubungan dan kesempatan untuk menata diri (Kennedy, 2000 dalam Santrock, 2008:554).

bloody teaching 2

Manajemen kelas yang mengorientasikan siswa pada sikap pasif dan patuh pada aturan ketan dapat melemahkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran aktif, pemikiran dan konstruksi pengetahuan sosial. Tren baru dalam manajemen kelas lebih menekankan pada pembimbingan siswa untuk menjadi lebih mau berdisiplin diri dan tidak terlalu menekankan pada kontrol eksternal atas diri siswa. Di masa lalu dalam manajemen kelas, guru dianggap sebagai pengatur, namun pada masa kini lebih menekankan pada pelajar, guru lebih dinilai sebagai pemandu, koordinator dan sebagai fasilitator.

Implikasi dalam pembelajaran saat ini adalah guru menjadi lebih kreatif dan inisiatif dalam pengelolaan kelas. Tujuannya agar potensi siswa dapat dikembangkan dengan cara siswa terlibat secara aktif dalam pembelajaran, sehingga mereka memiliki pengalaman langsung. Dengan begitu mereka akan membangun sendiri pengetahuan dalam dirinya sendiri dan lebih memungkinkan untuk siswa bersikap lebih kreatif dan inisiatif.

 

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: