RSS

Learning Management System – Mengelola Pendidikan Online Efisien

04 Jun
Dengan munculnya Internet seluruh dunia telah menyusut; kemajuan teknologi di dunia internet telah merevolusi telekomunikasi dengan cara yang tidak seperti sebelumnya. Pendidikan adalah satu lagi bidang yang telah mengamati makeover luar biasa, berkat World Wide Web. Pendidikan online memanfaatkan teknologi, keahlian dan memiliki potensi untuk mencapai sejumlah peserta didik di seluruh dunia. Dan ini dapat dengan mudah dicapai dengan penggunaan Learning Management System.

Yang Learning Management System semua tentang?

Belajar sistem manajemen adalah teknologi berbasis online, yang meningkatkan atau membuat pembelajaran online lebih mudah. Untuk memasukkannya ke dalam kata-kata sederhana, sistem manajemen pembelajaran adalah suatu panggung atau platform yang melakukan pendidikan online. Ini adalah antarmuka, yang membuat media pembelajaran sederhana. Jadi semua aspek penting dari elearning seperti pembuatan konten, update konten, pengiriman konten kepada peserta didik dengan cara yang paling efisien. Jadi, apa LMS dilakukan adalah memberikan pengalaman belajar online ‘repot bebas’. Oleh karena itu alat penting untuk guru, siswa dan pelajar.

Bagaimana LMS mendapatkan keuntungan?

1. Bagi Guru

LMS menguntungkan guru atau dosen yang melakukan kursus online di jalan besar. Ini membantu mereka untuk membuat kurikulum saja. Membantu mereka mengelola data yang bervariasi terkait dengan siswa. Membantu mereka untuk menghasilkan materi kursus dengan cara yang efisien. Guru dapat menggunakan fitur yang sangat khusus, seperti Video conferencing, forum, dan LMS hanya akan membiarkan mereka bagaimana untuk melakukan itu.

Guru mungkin menemukan sistem yang sangat berguna kapan saja mereka perlu menilai kinerja dari setiap mahasiswa diberikan. Guru juga dapat melakukan beberapa fungsi pendukung seperti, manajemen database siswa, dimana semua informasi yang diperlukan berkaitan dengan mahasiswa tertentu dapat efisien disimpan. Untuk jumlah itu memusatkan semua tugas dari guru atau profesor dan membawa peningkatan efisiensi mereka.

2. Untuk Siswa

LMS membantu siswa untuk membuat prediksi yang akurat tentang penampilannya dalam kursus tertentu yang ia melakukan. Siswa dapat mengakses materi studi dari setiap sudut dan sudut dunia, sejauh dia memiliki akses ke Internet. Siswa dapat mengukur kinerjanya oleh tes mengambil atau ujian diberikan oleh guru secara online. Melakukan hal ini, akan membantu dia untuk menilai kinerja dan mengevaluasi bagaimana elearning telah membantunya meningkatkan efisiensi nya.

Jadi, kesimpulan itu LMS membuat mata pelajaran yang kompleks sederhana untuk pelajar, yang ‘pegang’ dari subjek yang rumit akan tinggi. LMS yang ditawarkan oleh teknologi abadi, E tiga platform, selayaknya adalah platform yang sangat mampu dan user-friendly yang menyederhanakan pembelajaran online dan membuat pembelajaran online yang semua pengalaman lebih memperkaya.

Kebanyakan LMS yang telah dibina adalah berasaskan sistem berasaskan web dan dibina diatas platform seperti Java/J2EE, Microsoft .NET or PHP.
Contoh yang boleh didapati daripada Malaysia adalah seperti Skor A (ColdFusion), Fokus A (Microsoft .NET) dan yang terbaru adalah EasyTuition™ (PHP).
Walaupun terdapat banyak LMS yang dibina mempunyai lesen perisian komersil, masih terdapat LMS sumber terbuka (open source) yang boleh digunakan.
berikut merupakan beberapa LMS sumber terbuka yang boleh digunakan:
  • Moodle – agak berpuas hati menggunakannya.
  • OLAT – pada tahun 2009 memenangi anugerah “IMS Learning Impact ‘Leadership Award’ 2009 for best open source learning platform”
  • openelms – sering digunakan untuk produk komersil.
  • .LRN – LMS sumber terbuka yang digunakan secara meluas dalam perusahaan.
  • Sakai – sesuai digunakan untuk sesebuah firma universiti dan kolej.
  • ILIAS – x pernah cuba so no komen.
  • ATutor – merupakan Learning Content Management System (LCMS) [pengawalan terhadapa kandungan sesi pembelajaran].
  • Dokeos – yang nih bez coz ada video conferencing.
sumber:

 

Tags: , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: