RSS

LINGKUNGAN BELAJAR PENDIDIKAN TINGGI DAN PENDIDIKAN JARAK JAUH

24 May

Semakin bermutu suatu universitas maka akan semakin tinggilah kompetensi memperebutkan lembaga pendidikan tersebut. Hal ini bisa saja disebabkan karena tingkat kesadaran masyarakat semakin tinggi, yang beranggapan bahwa investasi di bidang pendidikan adalah investasi yang dianggap paling tepat untuk masa depan anak-anaknya. Untuk menginvestasi tidak saja bisa dilakukan pada pendidikan formal, namun juga bisa dilakukan dengan sistem pembelajaran jarak jauh.

Seperti lembaga pendidikan lainnya, pendidikan jarak jauh juga memiliki masalah-masalah dalam penyelenggarannya. Masalah yang lazim dialami oleh pendidikan jarak jauh adalah masalah yang menyangkut kualitas pendidikan, kurangnya atau tidak adanya interaksi antara pembelajar dan pebelajar, pebelajar tidak atau kurang memiliki akses kepada teknologi yang dipakai di dalam pendidikan jarak jauh, tidak ada fasilitas teknologi dan mahalnya biaya pendidikan jarak jauh.

Untuk itu diperlukan studi kelayakan yang perlu perhatian tinggi dalam menyelenggarakan pendidikan jarak jauh. Hal yang menjadi perhatian adalah:

  1. Analisis kebutuhan
  2. Rancangan pembelajaran
  3. Interface design
  4. Tahapan pengembangan
  5. Pelaksanaan
  6. Evaluasi

Selain enam hal yang perlu menjadi perhatian dalam menyelenggaran pendidikan jarak jauh juga perlu menciptakan jaringan belajar. Jaringan belajar ini merupakan tempat yang digunakan sebagai pusat pendidikan jarak jauh untuk daerah yang jauh dari pusat. Levin (1995) membuat kerangka konseptual dengan mengajukan lima komponen jaringan belajar, yaitu: struktur, proses, mediasi, pengembangan komunitas belajar dan menentukan berhasil tidaknya suatu kejadian kegiatan jaringan belajar berbasis internet.

Dengan menciptakan jaringan belajar, maka dapat tercipta suasana yang interaktif. Namun ada kemajuan teknologi yang juga dapat meningkatkan interaktif, yaitu penggunaan internet dengan pembelajaran online. Pendidikan jarak jauh dengan Universitas Terbuka dapat dikelompokkan dalam tiga ketegori, yaitu informasi umum, akademik dan akses pada empat jurnal elektronik, database penelitian dan keIndonesian. Berbantuan online learning, pendidikan jarak jauh menjadi lebih interaktif.

Seperti lembaga pendidikan lain, pendidikan jarak jauh juga memiliki dukungan perpustakan dalam pelaksanaannya. Dari segi layanan dan pengembangan keperpustakaan digital untuk sistem pendidikan jarak jauh masalah yang dihadapi sama dengan masalah perpustakaan di lembaga pendidikan lainnya. Untuk menciptakan sebuah perpustakaan digital perlu memperhatikan karakteristik sebuah perpustakaan digital;

  1. Perpustakaan digital bukan merupakan suatu entitas tunggal
  2. Perpustakaan digital membutuhkan teknologi untuk menghubungkan banyak sumber daya
  3. Ada keterkaitan antara perpustakaan digital dan layanan informasi dengan semua anggota
  4. Tujuan utama perpustakaan digital adalah akses informasi yang bersifat universal
  5. Perpustakaan digital memiliki koleksi yang tidak hanya dokumen tercetak tetapi juga astifak yang tidak terwakili oleh dokemen tercetak.
 
Leave a comment

Posted by on May 24, 2012 in Pendidikan Jarak Jauh

 

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: