RSS

BANTUAN BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN TINGGI DAN PENDIDIKAN JARAK JAUH

24 May

Sistem pembelajaran jarak jauh merupakan salah satu bentuk pelayanan pendidikan masal bagi masyarakat. Sistem ini memiliki karakteristik yang unik sekaligus membedakan dari sistem pembelajaran tradisional. Namun, meskipun ada perbedaan di dalam sistem, proses pembelajaran yang dilakukan memiliki tujuan yang sama dan dilakukan dengan cara yang sama. Hanya saja dalam pendidikan jarak jauh pembelajar dan pebelajar berada pada tempat yang berbeda.

Sama halnya dengan pembelajaran manapun, dalam pendidikan jarak jauh juga terdapat Pembelajaran Berbasis Komputer (PBK) yang memungkinkan untuk meningkatkan efektivitas proses pembelajaran. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Terjadinya interaksi langsung antara pengguna dengan materi pelajaran
  2. Proses pembelajaran dapat berlangsung secara individual, sesuai dengan kemampuan belajar pebelajar
  3. Mampu meningkatkan minat dan motivasi belajar
  4. Dapat memberikan umpan balik terhadap respon pebelajar dengan segera
  5. Mampu menciptakan proses pembelajaran yang berkesinambungan

Dalam menggunakan komputer sebagai bantuan belajar di dalam pendidikan jarak jauh, Pembelajaran Berbasis Komputer itu sendiri terdiri dari model-model pembelajarannya:

  1. Tutorial

Pada interaksi yang berbentuk tutorial, prinsip dasar langkah-langkah memulia penyajian informasi sama halnya dengan menyajikan materi tutorial tatap muka. Dalam tatap muka biasanya tutor akan memulai kegiatannya dengan menguraikan ruang lingkup materi tutorial, tujuan yang ingin dicapai serta menginformasikan hubungan topik tutorial saat disajikan. Hal yang sama juga dilakukan dalam pembelajaran berbasis komputer.

  1. Latihan dan praktek

Rancangan pembelajaran yang berbentuk latihan dan praktek ini disajikan untuk melatih pebelajar menggunakan konsep, aturan ataupun prosedur yang telah diajarkan sebelumnya. Interaksi yang berbentuk latihan dan praktek pada umunya disajikan untuk kecakapan dan keteralmpilan secara terus menerus.

  1. Simulasi

Program pembelajaran yang dirancang melalui interaksi ini pada dasarnya berupaya melibatkan pengguna dalam persoalan yang mirip dengan situasi yang sebenarnya namun dilakukan tanpa resiko nyata.

  1. Permainan

Rancangan pembelajaran yang berbentuk permainan merupakan teknik yang sangat memotivasi pebelajar untuk belajar, khususnya untuk mempelajari isi pelajaran yang sifatnya melelahkan dan berulang-ulang. Metode permainan sering meminta pebelajar untuk menggunakan keterampilannya dengan memecahkan masalah atau mendemonstrasikan penguasaan isi pelajaran spesifik yang membutuhkan tingkat akurasi dan efisiensi yang tinggi.

LABORATORIUM KERING DAN LABORATORIUM BASAH

Laboratorium kering merupakan kegiatan yang didominasi oleh indra penglihatan yaitu mata. Laboratorium kering hanya memberikan kontribusi yang signifikan terhadap aspek kognitif pebelajar. Berbeda dengan laboratorium basah yang memberikan kontribusi pada aspek kognitif, juga memeang peranan penting dalam pengembangan aspek psikomotor dan afektif.

è Kelebihan laboratorim kering

  1. Memungkinkan pebelajar untuk melakukan simulasi percobaan secara perorangan maupun secara kelompok, kapan dan dimana saja mereka berada
  2. Secara simulasi di laboratorium kering prosesnya dapat dilihat dalam beberapa menit saja, sedangkan dalam keadaan yang sebenarnya memerlukan waktu beberapa hari atau beberapa minggu saja
  3. Percobaan dapat dilakukab berulangkali tanpa adanya kehadiran organisme nyata

è Kelemahan laboratorim kering

  1. Untuk mengembangkan laboratorium kering diperlukan keahlian khusus, biaya yang mahal, waktu perancangan dan pengembangan paket laboratorim kering yang sama
  2. Buruknya atau kura terencananya perancangan aplikasi dalam web, sehingga tidak sesuai dengan kebutuhan pengguna dan tidak mudah untuk digunakan atau dioperasikan
  3. Permasalahan bandwidth yang sempit dapat mengakibatkan lamanya waktu akses.
 
Leave a comment

Posted by on May 24, 2012 in Pendidikan Jarak Jauh

 

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: