RSS

Keunggulan dan Keterbatasan Pembelajaran Kooperatif

05 Oct

Keunggulan Pembelajaran Kooperatif (Wina Sanjaya, 2008: 249-250)

ü  Siswa tidak terlalu menggantungkan diri pada guru, akan tetapi dapat menambah kepercayaan kemampuan berpikir sendiri, menemukan informasi dari berbagai sumber dan belajar dari siswa yang lain.

ü  Dapat mengembangkan kemampuan mengungkapkan ide dan gagasan dengan  kata-kata secara verbal dan membandingkannya dengan ide-ide yang lain.

ü  Dapat membantu anak untuk respek pada orang lain dan menyadari akan segala keterbatasannya serta menerima segala perbedaan

ü  Dapat membantu memberdayakan setiap siswa untuk lebih bertanggung jawab

ü  Merupakan suatu strategi yang cukup ampuh untuk meningkatkan prestasi akademik sekaligus kemampuan sosial, termasuk mengembangkan rasa harga diri, hubungan interpersonal yang positif dengan orang lain, mengembangkan keterampilan me-manage waktu dan sikap positif terhadap sekolah.

ü  Dapat mengembangkan kemampuan siswa untuk menguji ide dan pemahamannya sendiri menerima umpan balik. Siswa dapat berpraktik memecahkan masalah tanpa takut berbuat salah, karena keputusan yang dibuat adalah tanggung jawab kelompoknya.

ü  Dapat meningkatkan kemampuan siswa menggunakan informasi dan kemampuan belajar abstrak menjadi nyata (riil)

ü  Interaksi selama kooperatif berlangsung dapat meningkatkan motivasi dan memberikan rancangan untuk berpikir. Hal ini berguna untuk proses pendidikan jangka panjang

Keterbatasan Pembelajaran  Kooperatif (Wina Sanjaya, 2008: 250-251)

ü  Untuk memamhami dan mengerti filsofis pembelajaran kooperatif memang butuh waktu. Sangat tidak rasional kalau kita mengharapkan secara otomatis siswa dapat mengerti dan memahami filsafat kooperatif. Untuk siswa yang dianggap memiliki kelebihan. Contohnya, mereka akan merasa terhambat oleh siswa yang dianggap kurang memiliki kemampuan. Akibatnya, keadaan semacam ini dapat mengganggu iklim bekerja sama dalam kelompok.

ü  Ciri utama dari pembelajaran kelompok adalah bahwa siswa saling membelajarkan. Oleh karena itu, jika tanpa peer teaching yang efektif, maka dibandingkan dengan pengajaran langsung dari guru, bisa terjadi cara belajar yang demikian apa yang seharusnya dipelajari dan dipahami tidak pernah dicapai oleh siswa.

ü  Penilaian yang diberikan dalam pembelajaran kooperatif didasarkan pada hasil kerja kelompok. Namun demikian, guru perlu menyadari, bahwa seharusnya hasil atau prestasi yang diharapkan adalah prestasi setiap individu siswa.

ü  Keberhasilan pembelajaran kooperatif dalam upaya mengembangkan kecerdasan berkelompok memerlukan periode waktu yang cukup panjang. Dan hal ini tidak mungkin dapat tercapai hanya dengan satu kali atau sekali-kali penerapan strategi ini.

ü  Walaupun kemampuan kerja sama merupakan kemampuan yang sangat penting untuk siswa, akan tetapi banyak aktifitas dalam kehidupan  yang hanya didasarkan kemampuan secara individual. Oleh karena itu, idealnya melalui pembelajaran kooperatif selesai siswa belajar bekerja sama, siswa juga harus belajar bagaimana membangun kepercayaan diri.

 

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: