RSS

ANALISIS INSTRUKSIONAL

20 Sep

Ada dua;

  1. Analisis konten
  2. Analisis tugas

ANALISIS TUGAS

Analsisi tugas bergerak dalam ranah kognitif. Tugas di sini bukan dimaksudkan dengan tugas  di rumah. Tetapi merupakan bagian dari materi. Dalam pembelajaran yang berlangsung di kelas, ranah psikomotor ini tidak diabaikan.

 ANALISI KONTEN

Analisis konten bergerak dalam ranah kognitif.. Analisis adalah menjabarkan materi yang bersifat umum menjadi bagian-bagian yang terurai atau materi yang lebih kecil. Dari SK ke KD. Kd ke indikator.

Contohnya pada materi pendidikan usia dini yang membahas tentang tanaman.

Bahasa

tematik

Perilaku

Fisikomotorik

mengucapkan

mengelompokkan

merawat

Meniru gerakan

Ada 4 pendekatan yang bisa dilakukan untuk menstrukturkan materi:

  1. Hirakikal, materi itu nanti bisa saja berurut atau berbentuk prasyarat. Berjenjang naik bertangga turun. Artinya tidak boleh melompat dari satu materi ke materi lainnya. Ini dengan alasan bahwa untuk mencapai pemahaman tentang materi kedua, siswa harus terlebih dahulu paham dengan materi pertama.
  2. Prosedural, antara satu materi dengan materi lain tidak prasyarat namun berurut. Jadi bisa saja diajarkan materi kedua meski materi pertama belum diajarkan.
  3. Pengelompokan, materi itu biasanya memiliki induk. Misalnya indra yang memiliki mata, hidung, kulit, mata, telinga. Untuk bicara tentang mata menjadi spesialis mata saja buth waktu enam tahun untuk mengupasnya. Karena banyaknya materi yang berhubungan dengan mata,
  4. Kombinasi. Merupakan gabungan antara tiga pendekatan sebelumnya. Berbicara tentang kombinasi, penyusun kurikulum mengumpulkan semua materi dengan pendekatan hirakikal, prosedural dan pengelompokan.

Standar kompetensi muncul setelah analisis instruksional. Ada tiga KD dalam satu SK misalnya. Kenapa 3, karena dengan tiga KD ini dianggap nilai bisa mencapai satu SK. Begitu pula dengan indikator. Untuk satu KD, bisa dicapai dengan 4, 5, 7 atau 8 indikator. Kegiatan mencari KD dari SK dan mencari  indikator dari KD (sebaliknya), merupakan pekerjaan menganalisis.

Kemudian yang belum kita singgung itu adalah afeksi yang berarti kasih sayang. Yang berhubungan dengan sikap. Merupakan seperangkat nilai dan sikap mental yang harus dimiliki orang. Posisi yang paling tinggi berada pada character building.

>> ü  Misalnya saat Muhammad pertama kali diminta membaca oleh Jibril. Jadi afeksi itu berasal dari orang belajar berpikir (kognitif). Dalam materi tidak akan ada materi afeksi, namun dalam materi yang disajikan itu mengandung materi bernuansa afektif, untuk itu dituntut perserta didik untuk berpikir. Makanya antara afeksi dan kognitif itu tidak bisa dipisahkan

>> ü  Afeksi juga berasal dari psikomotor. Misalnya orang yang berada pada tingkat ilmu silat paling tinggi. Orang yang berada pada tingkat ini menghargai lawan yang sudah tidak berdaya. Berbeda dengan orang yang masih awam, akan menghabisi lawannya meski sudah tak berdaya, malah sampai menghilangkan nyawa lawan. Atau pun juga dapat dilihat pada pemain bola besar. Dia akan sportif dan bertanggung jawab. Tidak akan menjatuhkan lawan dengan cara yang tidak baik, namun akan bermain dengan cara yang indah.

>> ü  Kalau keilmuan (TINGGI) dan keterampilan (MAHIR) orang sudah tinggi dan mahir, maka dia akan sampai pada tahap afeksi (TENTUNYA PADA TINGKAT YANG PALING TINGGI-narutalisasi). Mulai dari tingkat paling rendah sampai rendah. Jadi kegiatan inilah yang disebut dengan analisis instruksional.

Jadi muara dalam analsis instruksional adalah kurikulum yang akan diajarkan pada siswa dalam satu tahun.

 
Leave a comment

Posted by on September 20, 2011 in Desain Pembelajaran

 

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: