RSS

BAHAN AJAR DALAM PENDIDIKAN TINGGI DAN JARAK JAUH

24 May

Pendidikan Tinggi Jarak Jauh merupakan pendidikan yang diselenggarakan tanpa memperhatikan ruang dan waktu. Dalam Pendidikan Tinggi Jarak Jauh dalam pelaksanaannya tetap memperhatikan komponen-komponen dalam proses belajar mengajar. Hanya saja pertemuan tatap muka digantikan oleh interaksi peserta belajar dengan tutor dan modul belajar. Oleh karena itu modul menjadi satu-satunya bahan ajar yang digunakan peserta belajar untuk dapat membelajarkan diri sendiri. Makanya dibutuhkan bahan ajar yang lengkap.

Bahan ajar mewakili sosok dosen, guru dan keberayadaann didesain untuk membelajarkan mahasiswa. Makanya sajian dalam bahan ajar harus berorientasi kepada peserta belajar yang tidak hanya memuat materi ajar tetapi juga berbagai modus pembelajaran yang memicu, merangsang dan menantang peserta belajar untuk belajar dan menilai diri sendiri kemajuan belajar yang diperolehnya. Karena perannya yang penting itu, maka dalam merancang bahan ajar harus berdasarkan teori psikologi khususnya teori belajar orang dewasa, sosial-kultural peserta belajar, desain pembelajaran serta riset tentang fitur-fitur tipografis bahan ajar cetak yang dapat membantu peserta belajar dapat menggunakannya secara mandiri.

Mengingat pentingnya bahan ajar, pengembangan bahan ajar Pendidikan Tinggi Jarak Jauh memerlukan tim bahan ajar yang terdiri dari lima unsur:

  1. Ahli materi yang menulis dan menelaah substansi materi
  2. Spesialisasi materi yang memproduksi media yang mendukung atau melengkapi bahan ajar cetak seperti audio, video dan pembelajaran berbasis komputer
  3. Ahli teknologi pendidikan yang membantu penataan struktur isi, klasifikasi tujuan, seleksi media, aktifitas peserta belajar dan evaluasi.
  4. Editor yang menyunting teks
  5. Menajer pengembangan mata kuliah yang menjaga agar proses pengembangan dan produksi bahan ajar berjalan seperti yang diharapkan

Menurut Lockwoof (1998), bahan ajar Pendidikan Tinggi Jarak jauh yang berkarakter membelajarkan diri pebelajar sendiri memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Belajar individual
  2. Belajar dapat terjadi kapan saja dan dimana saja
  3. Materi ajar terstandar
  4. Pengajaran yang terstruktur
  5. Belajar aktif
  6. Memiliki balikan yang menungkinkan peserta didik secara terus menerus memperoleh masukan untuk membantunya memonitor dan memperbaiki kemajuan belajarnya.
  7. Memiliki tujuan pembelajaran yang jelas
  8. Penggunaan bahasa bersifat interaktif dan personal untuk menciptakan situasi komunikasi yang akrab, dekat dan dialogis

Bahan ajar akan digunakan untuk kepentingan peserta belajar, yang mengharuskan bahan ajar yang diproduksi untuk keperluan pendidikan tinggi jarak jauh dapat memenuhi kebutuhan peserta didik. Untuk menghasilkan bahan ajar yang seperti itu, hendaklah bertitik tolak pada pertanyaan: (a) siapa mahasiswa saya dan (b) bagaimana kemampuan awal mereka.

Bahan ajar Pendidikan Tinggi Jarak Jauh tidak boleh mementingkan materi saja seperti halnya buku teks, tetapi juga secara terintegrasi memuat berbagai aktifitas dan pengalaman belajar yang bermakna. Oleh karena itu bahan ajar harus mampu mendorong peserta belajar untuk merefleksikan tujuan, proses dan kemajuan belajarnya. Refleksi di bangun melalui pertanyaan retoris da retrospektif serta latihan, pemberian tugas dan penilaian diri serta dengan rambu-rambu yang sesuai. Seperti tutorial cetak, panduan kegiatan refleksi, dan dialog tertulis.

Prosedur pengembangan bahan ajar dapat dilakukan dengan memulai penyusunan oleh tim, karena sulit diharapkan satu orang dapat menguasai semua hal yang ada secara integral dalam bahan ajar. Jadi digunakan tim dalam merancang bahan ajar dan mengembangakan bahan ajar itu sendiri. Setelah itu dilakukan penataan yang merupakan serangkaian proses yang dilakukan melalui penanganan buram kasar bahan ajar hingga menjadi master cetak. Pekerjaan ini meliputi pengetikan, desain tipologi, ilustrasi, penyuntingan teks, penghalamanan, tata letak, koreksi cetak bercobaan hingga sampul dan kemasan buku. Dan terakhir baru dilakukan pewujudannya, yang mana fase ini meliputi seluruh proses manufaktur hingga bahan ajar cetak siap digunakan. Kegiatan yang terjadi pada fase ini adalah menentukan tiras cetak, pemilihan perusahaan pencetak, pengemasan hasil cetak hingga pendistribusian ke tempat penjualan bahan ajar atau ke alamat peserta belajar.

รจ Selain itu bahan ajar juga terdapat bahan ajar multimedia, yang merupakan bahan ajar yang terdiri dari teks, gambar, animasi, suara dan film atau video disajikan dalalm suatu alat.

Bahan ajar multimedia ini diperlukan karena semakin banyak indera yang terlibat dalam proses belajar, maka proses belajar teresebut akan menjadi lebih efektif, bahan ajar multimedia banyak melibatkan indra dan juga fleksibel yang artinya menyesuaikan dengan kecepatan belajar seorang pelajar. Bahan ajar multimedia juga fleksibelitas dalam tempat dan waktu belajar.

Selain bahan ajar pokok, juga ada bahan ajar suplemen yang berguna untuk melengkapi bahan ajar yang ditentukan. Ada bahan ajar cetak, bahan ajar audio/radio, bahan ajar video/televisi, bahan ajar laboratorium dan kit serta bahan ajar pembelajaran berbasis komputer.

Untuk membuat bahan ajar suplemen dalam PJJ, pada dasarnya diperlukan beberapa tahap kegiatan :

  1. Penilaian Kebutuhan belajar siswa
  2. Menentukan tujuan pembuatan bahan ajar suplemen
  3. Menentukan jenis bahan ajar yang digunakan
  4. Menetukan tujuan intruksional
  5. Menentukan strategi pembelajaran yang akan digunakan
  6. Menulis bahan ajar suplemen
  7. Merevisi bahan ajar suplemen
  8. implementasi
About these ads
 
Leave a comment

Posted by on May 24, 2012 in Pendidikan Jarak Jauh

 

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: