RSS

Desain Pembelajaran

06 Sep

Desain pembelajaran adalah praktek penyusunan media teknologi komunikasi dan isi untuk membantu agar dapat terjadi transfer pengetahuan secara efektif antara guru dan siswa. Berawal dari penentuan status awal dari pemahaman peserta didik, perumusan tujuan pembelajaran dan merancang perlakukan berbasis media untuk membantu terjadinya transisi.

Komponen yang terkandung di dalam desain pembelajaran diantaranya adalah;

  • Pebelajar——————–> karakteristik, kemampuan awal
  • Tujuan Pembelajaran—> penjabaran kompetensi yang akan dikuasai
  • Analisis pembelajaran–> menganalisis topik
  • Strategi pembelajaran–> macro-micro
  • Bahan ajar——————> format materi yang akan diberikan
  • Penilaian pebelajar——> pengukuran kemampuan

Beberapa pengertian desain pembelajaran:

  1. Menurut Reigeluth (1983); desain pembelajaran adalah kisi-kisi dari penerapan teori belajar dan pembelajaran untuk memfasilitasi proses belajar seseorang
  2. Menurut Rothwell-Kazana (1992); merumuskan desain pembelajaran dengan meningkatkan mutu kinerja seseorang dan pengaruhnya bagi organisasi
  3. Gagne, dkk (1992); mengembangkan konsep desain pembelajaran dengan menyatakan bahwa desain pembelajaran membantu proses belajar seseorang dimana proses belajar itu sendiri memiliki tahapan segera dan jangka panjang
  4. Gentry (1994); adalah suatu proses yang merumuskan dan menentukan tujuan pembelajaran, strategi, teknik dan media agar tujuan umum tercapai
  5. Raiser (2002); desain pembelajaran itu berbentuk rangkaian prosedur sebagai suatu sistem untuk mengembangkan program pendidikan dan pelatihan dengan konsisten dan teruji.

TUJUAN DESAIN PEMBELAJARAN

  • membuat pembelajaran lebih efektif dan efisien
  • mengurangi tingkat kesulitan pembelajaran
  • mencapai solusi terbaik dalam memecahkan masalah

FUNGSI DESAIN PEMBELAJARAN

  • meningkatkan kemampuan pembelajaran
  • menghasilkan sumber belajar
  • mengembangkan sistem belajar mengajar
  • mengembangkan organisasi menjadi organisasi belajar

SIFAT DESAIN PEMBELAJARAN

  • berorientasi pada peserta didik
  • alur berpikir sistem atau sistemik
  • empiris dan berulang

perencanaan pembelajaran dan desain pembelajaran itu berbeda. Perencanaan pembelajaran lebih menekankan pada proses pengembangan atau penerjemah suatu kurikulum sekolah. Sedangkan desain pembelajaran menekankan pada proses merancang program pembelajaran untuk membantu proses belajar siswa.

Dalam menyusun atau mengembangkan sebuah perencanaan pembelajaran yang perlu dipertimbangkan adalah kurikulum yang berlaku di suatu lembaga. Sedangkan dalam menyusun atau mengembangkan desain pembelajaran perlu memerhatikan siswa itu sendiri. Dan dalam desain pembelajaran, desainer berperan sebagai sutradara.

About these ads
 
Leave a comment

Posted by on September 6, 2011 in Desain Pembelajaran

 

Tags: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: